Game Edukasi

Bulan Suci Untary

Pendidikan Teknik Informatika
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadyah Surakarta


Timeline Perkembangan Game

Call of Duty : Modern Warfare 2 (2009)
Hasil gambar untuk Call of Duty : Modern Warfare 2 (2009)
Tentu kurang lengkap membuat daftar ini tanpa memasukkan salah satu game dari seri Call of Duty. Seri game ini memang dianggap sebagai salah satu yang paling populer. Call of Duty: Modern Warfare 2 yang dirilis pada tahun 2009 mungkin bisa jadi rekomendasi paling bagus, terutama bagi penggemar game bergenre FPS atau first-person shooter dengan grafik yang berkualitas.

Mass Effect 2 (2010)
Hasil gambar untuk Mass Effect 2 (2010)
Mass Effect 2 dirilis pada tanggal 26 Januari 2010. Game ini bisa dimainkan di PC, PS3 atau pun Xbox 360. Game ini dikembangkan oleh BioWare dengan genre action role-playing dan third-person shooter. Mass Effect 2 banyak mendapat review positif dan dianggap sebagai salah satu game PC terbaik yang pernah dibuat

Portal 2 (2011)
Hasil gambar untuk Portal 2 (2011)

Portal 2 ini menjadi salah satu game PC terbaik sepanjang masa versi beberapa media. Game ini dirilis pada tahun 2011 dan dikembangkan oleh Valve Corporation. Selain PC, game ini juga tersedia di PS3 dan Xbox 360. Portal 2 banyak dipuji oleh kritikus game dan mendapat penilaian bagus dengan menghadirkan genre puzzle-platform game yang layak dimainkan

Resident Evil 6 (2012)

Hasil gambar untuk Resident Evil 6 (2012)
adalah game penembak orang ketiga yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom. Itu dirilis untuk PlayStation 3 dan Xbox 360 pada Oktober 2012 dan untuk Windows pada Maret 2013. Pemain mengontrol beberapa karakter termasuk Leon S. Kennedy, Chris Redfield, dan Ada Wong ketika mereka menghadapi kekuatan di balik serangan bio-teroris di seluruh dunia; setiap karakter memiliki kemampuan dan gaya yang unik

Battlefield 4 (2013)
Hasil gambar untuk Battlefield 4 (2013)
Seri Battlefield sudah terkenal sebagai franchise game shooter dengan grafik dan gameplay yang luar biasa bagus. Seri ke-4, yakni Battlefield 4 mungkin jadi salah satu yang paling bagus di antara semuanya dan juga jadi salah satu game ps3 terbaik.Battlefield 4 versi PC menghadirkan keseruan dan sensasi gaming yang keren.

Dragon Age: Inquisition (2014)
Hasil gambar untuk Dragon Age: Inquisition (2014)
 Dragon Age: Inquisition merupakan salah satu game yang paling menyita waktu saya tahun ini (game lainnya adalahPersona 4 Golden yang tidak kalah panjangnya dengan Dragon Age). Dengan sebuah dunia yang sangat besar untuk dijelajahi serta cerita epik untuk diikuti, Bioware telah sukses menyajikan pengalaman bermain game yang sangat seru untuk dijalani

The Witcher 3: Wild Hunt (2015)
Hasil gambar untuk The Witcher 3: Wild Hunt (2015)
The Witcher 3: Wild Hunt sering ditempatkan sebagai salah satu game PC terbaik saat ini versi beberapa media gaming. Game ini dirilis tahun 2015 untuk platform PC, Xbox One dan PS4. The Witcher 3: Wild Hunt mengusung genre action role-playing. Selain itu game ini menerapkan konsep open world dengan perspektif third-person

Doom (2016) 

Hasil gambar untuk Doom (2016)

Doom adalah gim video penembak orang pertama yang dikembangkan oleh id Software dan diterbitkan oleh Bethesda Softworks. Sebuah reboot dari waralaba Doom, itu adalah judul keempat dalam seri utama dan angsuran besar pertama sejak Doom 3 pada tahun 2004. Ini dirilis di seluruh dunia pada Microsoft Windows, PlayStation 4, dan Xbox One pada Mei 2016 dan ditenagai oleh id Tech 6. Port untuk Nintendo Switch, dikembangkan bersama dengan Panic Button, dirilis pada November 2017.

SteamWorld Dig 2 (2017) 

Hasil gambar untuk SteamWorld Dig 2 (2017)

SteamWorld Dig 2 menghadirkan dan meningkatkan segala aspek yang membuat permainan pertamanya begitu istimewa. Gameplay berformula Metroidvania plus Digger-nya (permainan lawas tahun 1983) sangat adiktif, kemudian tim Image & Form mengombinasikan aspek tersebut dengan grafis dua dimensi dan karakter menawan, serta dunia permainan yang lebih besar dan dinamis.

 
PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) (2018)
Hasil gambar untuk PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) (2018)
Merupakan game yang masih sangat populer hingga tahun 2019 ini. Gim dengan genre battle royale ini dapat dimainkan solo, duo, dan tim yang berjumlah 4 orang. Gim ini dilengkapi dengan berbagai macam karakter, outfit dan map serta senjata yang begitu lengkap. Tak heran gim ini walaupun sudah dirilis pada 20 Desember 2017 masih populer hingga saat ini. Peluncuran gim ini mengalahkan gim FIFA18. Gim ini terjual 50,000,000 copy diseluruh dunia.


Trials Rising (2019) 
Hasil gambar untuk Trials Rising (2019)

Gim yang baru dirilis pada tanggal 26 Februari 2019 oleh Ubisoft ini bergenre balapan dan multi user. Latar yang dipakai pada gim ini diantaranya Gunung Everest dan Menara Eiffel

Genre Game

Sport Game


Pro Evolution Soccer 2018
Jenis Game ini hadir untuk para pemain yang gemar olahraga. Game ini memiliki gameplay berbagai jenis olahraga di dunia. Intinya, pemain akan melakukan pertandingan olahraga secara virtual. Conton game jenis ini ialah Pro Evolution Soccer hingga NBA 2015.

Real Time Strategy (RTS)


Clash of Clans
Game jenis ini menitikberatkan unsur strategi. Game ini memerlukan kemampuan pemain untuk memimpin sebuah pasukan, kemudian mengelola sumber daya hingga membangun peradaban. Tak heran bila game ini memiliki waktu permainan yang lebih lama dan bisa dikerjakan santai. Setelah pembangunan selesai, kamu bisa berperang dengan pasukan lain untuk merebut kekuasaan. Maka dibutuhkan strategi yang pas dan hati-hati agar pasukan bisa menang dan wilayah sendiri tidak diserang.

Simulasi


The Sims 4
Game dengan genre ini hadir dengan konsep yang mirip kenyataan. Semua faktor dalam game akan dibuat semirip dunia nyata, ada yang menceritakan kehidupan manusia atau kehidupan menjadi seorang walikota membangun sebuah kota. Dalam game ini semua keputusanmu berpengaruh pada karakter yang dimainkan. Inti dari game ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun hingga mengatasi masalah dengan dana terbatas. Contoh game ini ialah The Sims dan Sim City.

Role Playing Game (RPG)


Final Fantasy XV
Game ini menghadirkan gameplay yang mengandung unsur leveling. Dalam game ini pemain akan bebas menjelajah dunia game. Setiap karakter memiliki kemampuan dan kekuatan yang berbeda bahkan dapat berkembang sesuai yang dinginkan pemain. Game RPG memungkinkan pemain untuk berkompetisi hingga berinteraksi atau bertarung dengan pemain lain. Beberapa Game RPG bahkan membuat pemain bisa menentukan ending dari jalan cerita game tersebut. Game RPG terbagi menjadi dua jenis yakni Action RPG dan turn based RPG. Contoh game jenis ini ialah Ninja Saga dan Final Fantasy. 

Konsep Game

Waroeng Boendha

Waroeng Boendha berkisah tentang seseorang yang diwarisi sang nenek sebuah restoran yang dulunya merupakan sebuah restoran legendaris karena masakannya yang dikenal sangat enak. Sayangnya, restoran tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya dan jadi terbengkalai. Hingga pada akhirnya muncul seorang lelaki yang berniat untuk menghidupkan kembali restoran legendaris ini seperti dulu.
Secara garis besar, Dapoer Boendha gak jauh berbeda dengan game simulasi masak pada umumnya seperti Cooking Mama dan Dinner Dash. Bedanya ada pada sistem RPG yang ngejadiin monster sebagai resep masakan. Pertama, harus memperhatikan makanan apa yang diminta pelanggan, lalu pergi mencari monsternya, dan membawa pulang daging mereka untuk dimasak. Selanjutnya, pengguna menunggu sampai makanannya selesai dimasak dan langsung disajikan kepada pelanggan yang sudah menunggu. Penghasilan dan XP yang didapat dari pelanggan menjadi syarat untuk naik level, membuka resep dan bahan makanan baru, serta mendapatkan monster yang jauh lebih seru untuk dikalahkan.

Referensi

  • https://www.pricebook.co.id/article/review/2016/01/26/3593/ada-4-jenis-dan-11-genre-game-yang-mana-favorit-kamu
  • https://www.inigame.id/8-jenis-genre-game-dan-sub-genre-nya/
  • https://www.infoakurat.com/2014/01/10-game-pc-terbaik-dunia.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI STRING

Rancangan Pembelajaran berbasis game dengan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS)