Rancangan Pembelajaran berbasis game dengan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Bulan Suci Untary
Pendidikan Teknik Informatika
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta


Media pembelajaran berbasis game dengan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) salah satunya menggunakan permainan ular tangga dengan memberikan soal-soal HOTS. Pemberian soal yang biasanya dilakukan dengan konvensional, dapat dilakukan melalui permainan ular tangga. Permainan ular tangga (snakes and ladders game) merupakan salah satu media pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk aktif, kreatif dan memotivasi peserta didik untuk tertarik dalam pembelajaran. Pengembangan permainan ular tangga ini dilengkapi soal-soal HOTS yang harus dijawab peserta didik, sehingga peserta didik bisa belajar sambil bermain dengan menyenangkan.
Game ular tangga ini merupakan game bergenre pazzle game dan arcade game. Menggunakan media android dengan karakter utama biasanya dimainkan secara berkelompok.
Hasil gambar untuk ular tangga
Game play game ini sama seperti cara permainan ular tangga pada umumnya,yaitu:
  1. Player pertama harus mengacak dadu terlebih dahulu, lalu setelah muncul mata dadu maka player harus berjalan sesuai angka yang muncul di mata dadu tersebut, misal bila muncul angka 3 di mata dadu maka player harus melangkah sebanyak 3 langkah.
  2. Game ini apabila character player tersebut mengenai tangga maka character player tersebut akan naik dan apabila mengenai character player mengenai tangga maka akan naik.
  3. Lalu apabila player menang melawan komputer maka player akan mendapat point dan point itu tersebut bisa digunakan untuk membeli character anime yang masih terkunci (character baru).
Pada umumnya permainan yang digunakan dalam pembelajaran memiliki beberapa manfaat, yaitu: a. Memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar. b. Merangsang pengembangan daya pikir, daya cipta, dan bahasa agar mampu menumbuhkan sikap, mental, serta akhlak yang baik. c. Menciptakan lingkungan bermain yang menarik, memberikan rasa aman, dan menyenangkan. d. Meningkatkan kualitas pembelajaran anak dalam perkembangan fisikmotorik, bahasa, intelektual, moral, sosial, maupun emosional (Andang Ismail dalam Rifa, 2012: 12). Berkaitan dengan hal tersebut tujuan dari permainan ular tangga sebagai media pembelajaran adalah agar siswa belajar secara menyenangkan. Selain itu dapat juga melatih siswa tentang sikap jujur dan mengerti peraturan (Rifa, 2012: 95).

Menurut Saputra (2015: 33).Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ideide. Kemampuan-kemampuan ini merupakan kemampuan berpikir level atas pada taksonomi Bloom yang terbaru hasil revisi oleh Anderson dan Krathwohl.

Daftar Pustaka

Supranoto, Heri. 2018. “PENGEMBANGAN SOAL HOTS BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA KULIAH TELAAH EKONOMI SMA” Vol.6. No.1. Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game Edukasi

FUNGSI STRING